Tips memilih bahan burung Kacer muda hutan dan pemberian pakannya - Nangkur.com
Headlines News :
Home » » Tips memilih bahan burung Kacer muda hutan dan pemberian pakannya

Tips memilih bahan burung Kacer muda hutan dan pemberian pakannya

Written By ad min on Saturday, January 9, 2016 | 9:53 PM

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan bahan atau bakalan pada burung Kacer. yaitu;

1. Tentunya burung harus berkelamin jantan, adapun ciri-ciri burung Kacer jantan dapat dilihat warna bulu hitam yang tegak, mengkilap dan kontras.
2.  Kepala berbentuk kotak, mata bulat besar dan melotot. Ini menandakan burung ini mempunyai mental tempur yang baik.
3. Bentuk paruh pada Kacer, sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bagian bawah harus lurus. Jangan memilih bahan yang memiliki paruh bengkok. Pilihlah burung yang posisi lubang hidung sedekat mungkin dengan posisi mata.
4. Untuk Postur badan, pilihlah bahan yang berpostur sedang(Tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu Kurus) dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. hindari pemilihan bahan yang berleher dan berbadan pendek (karena suara yang dihasilkan tidak akan bening).
5. Sayap kanan dan kiri Kacer mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan bahan yang  sehat. untuk Kaki pilihlah yang besar dan terlihat kering. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung "baik hitam maupun putih".
6. Lincah dan bernafsu makan besar. Ini merupakan ciri-ciri bahan yang bermental baik.
7. Leher panjang padat berisi. Menandakan burung ini akan mengeluarkan power suara secara maksimal.


Untuk makanan burung kacer yang masih bahan, sebaiknya pilihlah voer yang berkadar protein sedang yaitu => 12%-18%protein karena belum tentu Voer yang berharga mahal akan cocok dengan sistem metabolisme setiap burung Kacer. Voer harus selalu tersedia didalam cepuknya. Selalu ganti dengan Voer yang baru setiap dua hari sekali.
Jangan lupa aduklah voer tersebut dengan EF (Extra Fooding) yaitu: Jangkrik, Orong-orong, Kroto, Cacing, Ulat Hongkong, Ulat Bambu, Kelabang, Belalang dan lainnya. Pencampuran extra fooding tersebut bertujuan mengenalkan voer kepada  burung bakalan terebut.  

Perlahan-lahan kurangilah EF pada campuran voer, jika burung sudah mulai terbiasa memakan voer, sebaiknya pisahlah EF ke wadah tersendiri (terpisah dengan voer).

Semoga bermanfaat...
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

OBAT HERBAL PRIA & WANITA

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Nangkur.com - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya